Top Social

cerita-cerita untuk dikenang

contoh karangan memperingati hari sumpah pemuda

Senin, 29 Oktober 2012
Semangat Sumpah Pemuda

Pada tanggal 28 Oktorber 1928, Sumpah pemuda  dideklarasikan oleh para pemuda dari seluruh pelosok nusantara.Sumpah Pemuda tersebut pada hakekatnya merupakan salah satu  alat pemersatu bangsa.

isi dari Sumpah Pemuda adalah :
Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa  yang satu , bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia, menjungjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Ada tiga hikmah penting yang terkandung  dalam mengenang hari sumpah pemuda. Yang pertama,  jiwa sumpah pemuda adalah Cermin dari sebuah tekat yang menggelora , komitmen dan cinta terhadap bangsa dan negara. untuk mencapai satu tujuan yaitu kemerdekaan bangsa Indonesia. Yang kedua, sumpah pemuda mengingatkan pada kita semua bahwa keberadaan kita, kedudukan kita dalam berbangsa dan bernegara adalah sama, tidak ada yang dianak-tirikan, diabaikan, ditinggalkan, dikucilkan atau  dilupakan  dan bahkan diperlakukan tidak adil. Yang ketiga, Indonesia adalah milik kita bersama bukan milik golongan, individu, suku, ras ataupun agama. Bangsa Indonesia telah berikrar bahwa kita   berbeda-beda tetapi tetap satu itulah Bhineka Tunggal Ika.

Kebersamaan tekat seluruh bangsa menghasilkan suatu Kemerdekaan yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Kemerdekaan yang telah kita dapatkan memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa untuk  menjadi lebih baik, maju, bermartabat  dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Jiwa dan semangat sumpah pemuda  yang didasari atas persatuan, kesatuan, bekerja sama dan kerja keras serta tekat maju bersama menuju harapan dan tujuan bangsa dan Negara Indonesia  akan bisa tercapai. Tugas berat pemerintah  akan bisa terlaksana dengan baik apabila ada semangat kuat dari seluruh lapisan masyarakat dan bangsa Indonesia untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan.


source : by GOOGLE